SELAMAT DATANG DI PORTAL DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG
Kasus DBD sd. Minggu ke 22 : 1.409 kasus, meninggal: 15 kasus. AYO BERANTAS DBD
Fogging tidak dilakukan sembarangan, hanya pada suatu wilayah yang telah memenuhi kriteria persyaratan yang telah ditetapkan
fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, yang efektif lakukan PSN secara rutin minimal seminggu sekali
Semarang bebas DBD, tanggung jawab kita bersama
Musim hujan datang, waspadai genangan air tempat berkembang biak jentik nyamuk
Periksakan kehamilan secara rutin agar ibu & bayi selamat
Budayakan Perilaku Hidup Bersih & Sehat di Kehidupan kita

Bulan Penimbangan Anak

ditulis pada 09-11 2012 dibaca 122 kali

Penimbangan anak di posyandu bisa dijadikan entry point kegiatan pelayanan kesehatan seperti imunisasi, pengobatan diare, kegiatan deteksi dan stimulasi tumbuh kembang anak dan sebagainya. Bahkan kegiatan penimbangan di posyandu, bisa dijadikan sarana untuk mendidik ibu balita tentang gizi-kesehatan, dan sebagai upaya deteksi dan intervensi dini gangguan pertumbuhan. Kementerian Kesehatan RI memutuskan untuk menyelenggarakan bulan penimbangan setiap bulan November, dimulai bulan November 2012 bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan cakupan dan keberlangsungan kegiatan pemantauan pertumbuhan di Posyandu.

Kementerian Kesehatan RI mengharapkan dukungan dari semua pemangku kepentingan terutama lintas sektor, kader dan masyarakat. Terkait dengan penyelenggaraan Bulan Penimbangan tersebut disampaikan hal-hal berikut :

1. Bulan penimbangan dilaksanakan setiap bulan November setiap tahun, pada bulan tersebut semua anak balita dipantau pertumbuhannya di Posyandu dan sekaligus diberikan pelayanan kesehatan dasar.

2. Untuk menyelenggarakan bulan penimbangan tersebut diperlukan mobilisasi seluruh pemangku kepentingan di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Oleh karena itu diharapkan perhatian Para Kepala Dinas untuk meningkatkan koordinasi dan penggerakkan kepada lintas sektor terutama Pokjanal Posyandu di berbagai tingkat administrasi, Tim Penggerak PKK, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan lain yang ada di wilayahnya.

3. Biaya terkait dengan penyelenggaraan Bulan Penimbangan dapat bersumber dari APBD Provinsi, Kabupaten/Kota, APBN maupun dana BOK sesuai dengan pedoman yang ada.

4. Hasil Bulan Penimbang dilaporkan secara berjenjang, di tingkat pusat disampaikan kepada Menteri Kesehatan dan Ketua Pokjanal Posyandu.

Mengingat kegiatan ini memerlukan dukungan baik lintas sektor, kader dan masyarakat, Menteri Kesehatan RI telah mengeluaran Surat Edaran Himbauan Dukungan Penyelenggaraan Bulan Penimbangan kepada Kementerian Dalam Negeri, Ketua Umum TP.PKK  dan Dinas Kesehatan Provinsi yang dapat diunduh  di situs ini. (Dit Bina Gizi)